dadiwongenomblikenasobud

Menikmati Misteri Hidup Menapaki Th. 2008

In Aktivitas, Celotehan on 31 December 2007 at 8:39 pm

Kehidupan bukanlah sebuah persoalan yang harus diselesaikan, tetapi misteri untuk dijalani. (M Scott Peck (1936-2005), Psikiater dan penulis AS)

Menjelang detik-detik pergantian tahun 2007 Indonesia masih dikepung bencana. 15 Kabupaten di sepanjang 16 km aliran bengawan Solo yang membelah dua propinsi itu kini sudah tidak mampu menadah luapan air. Ribuan hektar tanah terendam bersama harta kekayaan manusia.  Lumpuh total!

Ada yang berkata kalau bencana itu peringatan bagi manusia yang lalai. Yang lebih tega mengatakan musibah itu adalah adzab. Yang lebih ngaco mereka yang berkata musibah itu gara-gara presidennya  Susilo Bambang Yudhoyono. Tapi bagi yang setuju ungkapan M Scott di atas, bencana itupun adalah sebuah misteri yang terus akan berjalan seiring denyut nafas kehidupan itu sendiri.

Tidak ada yang perlu kita sesali hanya kepedulian sedikit atau banyak dari kemampuan kita untuk disumbangkan kepada kepentingan orang-orang yang terkena imbas musibah itu. Sebab “bencana kedua” bahayanya lebih banyak dari bencana pertama karena sifatnya resident life: kemiskinan, panyakit, semangat hidup yang luntur, dan seterusnya.

Dari dulu Alquran sudah berbicara bahwa; “Doharol fasadu bimaa kasabat aydinnas, liyudziqohum” bencana itu datang karena dikompori (dipicu) oleh manusia sendiri. Karenanya, lihatlah bagaimana bencana itu terjadi.

Bagi saya bencana lahir adalah juga merupakan refleksi dari bencana jiwa bangsa kita. Di saat akar-akar pohon yang menjadi penopang air di banyak wilayah resapan air, kini sudah ditumbangkan diganti dengan “akar-akar beton” yang menjulang tinggi. Akibatnya air tidak lagi mampu bersembunyi di di dalam tanah  dan bergelayutan, bermesraan dan bersemedi di akar-akar pohon yang paling dalam. Padahal keakraban antara air dan akar pohon di dalam tanah merupakan simbiosis mutualisma.

Semakna dengan bencana lahir itu, bangsa kita memang kehilangan akar-akar ulama.Ulama dalam pengertian saya adalah para pemilik ilmu yang tidak terbatas pada ilmu agama saja.  Ulama dalam pandangan pesantren juga adalah mereka yang mengerti alam dan menguasainya. Apakah itu ahli bangunan (insinyur), ahli matematika (matematikawan), ahli kimia (chemist), ahli biologi (biologist), ahli angkasa luar (angkasawan), fisikawan, musician, atau pakar-pakar ekonomi dan pertanian. Mereka adalah ulama jika memenuhi satu syarat saja: takut kepada Allah. “Sesungguhnya hamba-hamba yang takut kepada Allah adalah ulama.”

Ulama-ulama Indonesia itu kini sudah banyak yang kehilangan orientasi kinerjanya. Mereka tidak lagi mampu mengatasi segala macam masalah alam Indonesia kini. Karena mereka adalah akar yang bisa memberi kekuatan bangsa ini, sayangnya  banyak diantara mereka “ejakulasi dini” menyebabkan lemasnya tenaga mereka. Sepertinya, akar ulama sudah tercerbut maka dekadensi moral dan kinerja bangsa jadi kacau balau?

Ya sudahlah itu saja guman saya.

——————————————————

Memenuhi refleksi tahun 2007 dan menjelang 2008 dari teman-teman dari bu fira, dari paman goop dan kang sawali, Hanna, bang Ersis dll.
_____________________________


Di bawah ini saya cantumkan 8 proses yang ingin dinikmati… untuk tahun 2008.

8 depalan hal yang harus saya nikmati prosesnya adalah:

  1. Mendayagunakan lebih besar lagi olah kata, rasa, dan fikir demi untuk bisa bersinergi dengan sesama dan kemaslahatan.
  2. Menjembatani kepentingan diri dan orang lain dalam siklus keseimbangan yang harmoni.
  3. Menjadi diri sendiri dalam naungan lintasan takdir dari yang Al Latief ( Yang Maha Halus)
  4. Menyemangati dan mendukung doa-doa orang tua yang sering diucapkan: rabbii habliii minasshoolihiiin. (semoga ya Allah karuniakan anak-anak kami sebagai anak shleh)
  5. Menapaki jalan para ulama salafussoleh (ulama solih jaman dahulu) dan berusaha menyambangi kegemaran-kegemarannya.
  6. Menapaki jalan para ulama mutaqoddimin (ulama masa kini dan masa depan) dan berusaha menyambangi kegemaran dalam mengolah ilmunya.
  7. Menajamkan rasa ketimbang SARA
  8. Memperbanyak mendengar daripada berbicara

Dah itu saja lah maaf telat hutang resolusinya dan saya tidak akan menyebarkan ke orang lain, tapi jika mau niru monggo… … semoga saya bisa menjalaninya..

  1. Wahh…semoga berhasil…
    Ternyata ada juga ya temannya menikmati malem tahun baru didepan internet.

  2. Amin bu, ohyaa… malam ini hujan cukup deras maka saya urungkan berangkat munkin nanti kalau sudah terang benderang tidakhujanlagi.. Kalau Bu Enny bagaimana?

  3. Inilah kreativitas pak Kurt …
    Gak jadi kondangan (eh pengajian ya) tapi ditransformasi menjadi produktivitas …🙂
    Semoga setiap kebaikan menyertai kita di hari2 mendatang …🙂

  4. Mas Kurt…
    Moga 8 hal itu terwujud ya…

  5. Akemashite Omedetou Gozaimasu…Yoi Toshi wo….!
    Selamat Tahun Baru 2008…Semoga Tahun Depan Lebih baik lagi!
    Happy New Year 2008…..

  6. Semoga 8 hal itu bisa terwujud juga amiiiiin!

  7. Hatrick…:mrgreen:

  8. Semoga saya bisa ikut menikmatinya

  9. Selamat Tahun Baru 2008 yach Pak…
    Semoga di tahun 2008, Bapak bisa menikmati semua itu😀

  10. habat bener nih , Mas Kurt. Lagi kumat kayaknya nih virus ngeblognya, hehehehe😆 *tepuk pramuka* heboh bener. Perasaan saya komen di blog ini belum genep 4 jam. iseng2 buka peselancar blog, eh, dah nongol lagi nih postingan. salut3x. walah, Mas Kurt, saya malah sah lupa kalo pernah memberikan umpan resolusi ke Mas Kurt. Makasih yak, dah dikerjakan dengan baik. dapat nilai 100, hehehe :lol; *ngaco, yak*
    mudah2an 8 impian yang bagus banget itu bisa terwujud mas kurt. selamat tahun baru 2008. sukses buat mas kurt dan keluarga.
    *aku juga nggak keluar loh. nemeni bu enny nongkrong di depan layar monitor*

  11. met tahun baru ya oM

  12. Selamat taun baru pak! Ini bid’ah gak ya.. hehehehehehe.. just kidding.. barusan bangkit dari kematian sejenak.. capek.. halah kok malah curhat..

    Mudah2an jalan salafussoleh itu mengalir dalam dunia maya yang sejak dulu sudah ditekuni para waliyullah.. bahkan mungkin lebih canggih tanpa perantara alat seperti kita pak Kurt.. mereka bertemu dalam tatap muka meski saling berjauhan seperti kita yang chatting sambil lihat webcam.. tapi, saya rasa itu masih kalah canggih dengan pertemuan maya para waliyullah.. hehehehe.. halah la kok nglantur..

    Pokok’e tak dungakno sampean diijabah sama Gusti Allah SWT.. Aminn Ya Robbal Alamin

  13. nikmat kalau memang terjadi dan terbukti….. nikmat banget

  14. selamat tahun baru ya, pak. semoga tahun ini lebih banyak ilmu saya dapat dari njenengan😀

  15. Mula-mula, doa saya bersama harapan Sampeyan. Amin.

    Setela memula … (bangsa kita memang kehilangan akar-akar ulama) … Kalau yang ini nyayian pesimis, kita tukar dong dengan madah-madah optimis, hingga … lagu kita di tahun 2008 lebih melihat potensi ketimbang bertembang memaki diri hingga syair-syair yang kida dendangkan adalah harapan dalam aplikasi meuwujudkan impian.

    Selamat Tahun Baru Hijriah 1429.

  16. […] Di tahun 2008 ini, aku ingin hadir di sini seminggu tiga kali. Tiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Doakanlah dan doronglah aku supaya disiplin, ya! Soalnya, terkadang aku males bolak-balik ke warnet. Apalagi kalo kantong baju dan celanaku kosong melompong. […]

  17. ketika manusia kehilangan makna sebagai khalifah dimuka bumi, maka dia berubah menjadi pemusnah dimuka bumi.
    Semoga Sejahtera dan diberi umur serta kesehatan untuk melewati tahun 2008. Wassalam

  18. Wah, 8 hal yang bila dilaksanakan semua orang di negara ini mungkin bisa terbebas dari masalah2 yang ada…

    Eniwei, selamat tahun baru mas Kurt, moga kita menjadi lebih baik lagi…😀

  19. semoga 8 proses yang ingin dinikmati dapat dijalani dengan baik. selamat tahun baru, semoga semua harapan dapat terwujud amin

  20. semoga semua resolusinya dapat terlaksana dengan suxes Om…

    *menadahkan tangan,minta uang saku*
    :mrgreen:

  21. samasama berdoa yah pak…
    semoga tahun ini lebih baik…
    amin…

    ohya blogger tunggal ika boleh nyomot dari mana…
    bikinan sendiri yah…
    duh maunya pasang..

  22. Herianto

    Kreativitas ya pak heheh… makasih AMin pak kebaikan itu ternyata ada dimana2 yaa.. tinggal mau dipungut atau tidak yaa…🙂

    Hanna
    makasih Ci, semoga juga semua harapan itu adalah mewakili kita2 semua… itukan hal yangumum.

    Cahya Rahma
    Duh bahasa Jepang nya saya cuma bisa : Arigato Gozaimas
    selamat tahun baru juga…🙂

    Cahya Rahma #2
    Terima kasih…

    Cahya Rahma
    Hatrick… diterima dengan sangat:mrgreen:

    sabix
    ayo kita nikmati saja hidangan apa saja heheh🙂
    makasih

    dwihandyn
    Selamat Tahun Baru 2008 juga yaa Dewi…
    Gimana di negeri tirai bambu

    Sawali Tuhusetya
    wah makasih atas sambutannya yang luar biasa ini.. heheh🙂
    saya hanya merasa berhutang budi sama saya sendiri mau memposting rekap blog setahun.. jadinya yaa saya bikin sebelum tanggal 1 tahun baru.. yaa apa adanya dan seadanya heheh🙂
    met tahun baru pak guru. semoga di tahun ini murid2 bapak pada bisa nulis seperti pak Sawali.

    aLe
    sama-sama selamat tahun baru. semoga warnetnya rame yaa mas… dan kopdar2nya juga ramai..

    gempur
    Jelas bid’ah mengucapkan selamat tahun baru… heheh🙂
    kok matinya cepoat banget sih… mati suri namnaya.

    Benar sekali para aulia dulu bisa berkomunikasi dan berhuungan satu sama lain dalam bingkai teknologi ruhani.. kita2 juga ketinggalan hanya bisa dipakai ketika non muslim yang membuatnya… hehe🙂
    jadi kita2 ini belum ada apa2nya dibanding mereka2 itu. bangga dengan agamanya tapi smestinya diimbangi dengan karyanya ya pak guru?
    Amin atas ndongakaken aku yaa .. aku pun sama mendongakaken penjenganan yaa ..moga2 di tahun baru ini lancar selalu. dan sukses.

    dodot
    Iyabetul .. semoga kenikmatan bisa dirasakan oleh komponen bangsa… dan semoga di tahun baru, musibah berkurang dan semakin mawas diri hehe🙂

    GuM
    Sama2 selamat tahunb aru… semoga pula ilmu mas bisa sampe ke saya heheh🙂

    Ersis W. Abbas
    terima kasih atas doanya bang.
    Saya sedang punya setok nyanyian pesimis ahir tahun ini.. monggo bang ersis bernyanyilah yang optimis2 .. saya merasakan kok karena tahun ini saya bakalan dapat hadiah heheh🙂 makasih bang
    selamat tahun baru hijriyah juga.. semoga makin sukses yaa pak usaha dam amal shlehnya.🙂

    daeng limpo
    Amin semoga pula angin dilaut tidak menggantu lyar Phinisi Daeng. sehingga karaya dan kerja semakin ok…🙂

    Praditya
    Iya mas betul juga jika itu dilakukan oleh siapapun bakalan terbebas.. semoga saja semuanya dapat ilmu2 seperti itu.. saya hanya menuliskannya .. selanjutnya yang palng susah adalah pelaksanaanya.. tapi semoga saya bisa dan semuanya.🙂
    met tahun baru juga yaa..🙂

    fikriana
    Amin saya juga mengamini harapan2 mbak Firkiana yaa..
    moga tahun ini sukses selalu…🙂

    Mrs.Neo Fortynine
    Makasih jeng swiwi… semoga logo dan semangat mencari submangan untuk para korban di jJawa dari para pramuka bisa terlaksana dan sukses yaa..🙂
    uang saku sudah aku kirim via rekening heheh

    Moerz
    Amin juga untuk dodanya… untuk logo bukan saya yang bikin tapi ahli pembuat banner gresik yang ada di blog mas peyek. tepatnya yang membuat adalah http://www.ziegrusak.wordpress.com beliau ahli emmbuat design… pasang aja mas…🙂 biar rame..

  23. Jika kita kembali ke janji kita sebagai manusia. Mungkin hidup akan lebih berarti lagi kang.

  24. He he, memang misteri ya pak, yang mungkin juga tidak perlu pusing memikirkan penjelasannya, namun kadang hanya perlu dijalani. Dijalani sebaik-baiknya, dan untuk menjadi lebih baik, saya sangat setuju bila bencana bisa dijadikan refleksi.
    Refleksi untuk berubah, menjadi lebih baik.

    Selamat Tahun Baru 2008 ….😀

    >>> makasih mas Sigid… selamat berjuang di tahun 2008😀

  25. yeah! awal tahun harus optimis, meski bumi pertiwi sedang menangis. *halah* tahun baru membawa harapan baru, doa baru, rencana baru, perjalanan baru. lha kok kayak lebaran ya? he he he…:mrgreen:

    >>> hahahah lebaran bukannya setiap saat kang… lebaran haji = habis pergi haji; lebaran kerja = pulang kerja… banyak deh

  26. ampun ampun…
    ternyata banyak sekali yang online tengah malem kekekke
    sepertinya lucu juga sesekali tidak hanya ketemu di blog, tapi via YM🙂

    >>> iyaa mas Edo… melek malam bukankah dianjurkan ???🙂

  27. gila.. resolusi nya
    d’oh berat.. berat..
    *mendo’akan semoga berhasil ditempuh P Kurt*

    pada kata, rasa dan fikir, hakikat menghampiri.. tapi sulit sekali dilihat dengan gamblang. Dan orang2 yang diberi anugrah melihatnya (aku berharap) semoga juga diberu anugrah untuk menyampaikannya kepada yang lain dalam format lebih sederhana

    amiin

  28. maaf pak kurt, apapun teori sumber bencana, disisi yang laen bencana sekaligus ngetes rasa kita sebagai manusia, apakah kita masih punya kepedulian terhadap sesama?? apakah kita hanya menunggu dan melihat trus mengkritik langkah pemerintah (yang mungkin) terlambat?? ndak gitu kan…??!! minimalnya (ini yang katanya paling lemah) mungkin doa kita untuk mereka

  29. Adanya pergantian tahun hanya untuk kebutuhan administarsi saja. Termasuk administarsi kita pada al kholiq. Namun banyak yang nyalah gunakan untuk hal yang kurang baik, tak bermanfaat

    >> begitu yaa pak ustadz… antik sekali istilahnya: administrasi heheh🙂

  30. edo
    ampun ampun….. heheheh. ketahun ya dari jamnya. Kemarin gara2 mo ngrayain TB 2008 nunggu hujan gak berenti2 yaa sutralah di depan komp aja…🙂

    @ordinary
    May ini bukan resolusi gila tapi gila resolusi, sebab niru yang laen tuh heheh🙂 makasih atas segala dan segenap doa2nya yaa…🙂

    ziegrusak
    Setuju pak… doa adalah paling lemah.. maaf hanya selintas kata mengumbar emosi meilhat bagaimana ketidakmampuan diri bergerak, sementara yang lebih mampu untuk bergerak ternyata diam…

  31. Saya suka sekakali dengan ini Pak Kurt :

    Akibatnya air tidak lagi mampu bersembunyi di di dalam tanah dan bergelayutan, bermesraan dan bersemedi di akar-akar pohon yang paling dalam. Padahal keakraban antara air dan akar pohon di dalam tanah merupakan simbiosis mutualisma

    Akar…. dilupakan memang
    ___________________________
    dan untuk resolusinya, hanya ikut meng-amienkan😀

  32. ::Pak Kurt::
    aneh ya jika kita coba membandingkan :
    ““akar-akar beton” yang menjulang tinggi”
    “dengan air itu, bumi hidup sesudah matinya, dan daripadanya menumbuhkan rumput, sebagai makanan ternakmu, menumbuhkan pohon, dan buah-buahan”

    apa itu akar beton ya…koq membatalkan hidupnya bumi…

  33. sebanyak apapun bencananya, kita tetap gak boleh pesimis dengan kondisi bangsa kita. Maju terus Indonesia!!!

  34. bencana itu kita yang bikin, bukan alam apalagi Tuhan. Dan penanggulangannya harus dimulai disini, menyadari dan mengakui, bukan bagi-bagi mie instant dan membuat imbauan-imbauan.

    Selamat Tahun Baru 2008

    Terima kasih untuk tulisan yang sangat inspiratif.

  35. Amien..semoga tercapai semua yang diingini ya Pak..

  36. Hanya 8 “delapan” tapi sepertinya susah juga di jalankan ya..? mari kita coba

  37. […] Di tahun 2008 ini, aku ingin hadir di sini seminggu tiga kali. Tiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Doakanlah dan doronglah aku supaya disiplin, ya! Soalnya, terkadang aku males bolak-balik ke warnet. Apalagi kalo kantong baju dan celanaku kosong melompong. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: